Sabtu, 29 Oktober 2016

Cara Cepat Menghafal Kosakata Bahasa Inggris

bahasa inggris online gratis | Oktober 29, 2016 | |
Cara cepat menghafal  kosakata bahasa Inggris sering sekali dipertanyakan oleh BBIO lovers. Mereka sangat menyadari bahwa kemampuan memiliki kosakata yang banyak dan baik dapat menunjang kemampuan bahasa Inggris mereka. Selain itu semua pasti sudah menyadari bahwa pada zaman sekarang ini, kemampuan berbahasa Inggris sangat diperlukan. Hal ini sangat terasa pada saat anda ingin melamar pekerjaan. Tidak jarang bahkan bisa dikatakan 90% syarat bagi pelamar kerja adalah memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang aktif.

Cara cepat menghafal kosakata bahasa Inggris antara lain:


Pelajari Cara melafalkan atau mengucapkan kosakata baru yang BBIO lovers punya
Setelah BBIO lovers mengetahui atau mendapatkan kosakata baru, hal pertama yang harus BBIO lovers lakukan adalah mengetahui cara pengucapannya dengan benar. Hal ini harus dilakukan untuk menjamin bahwa BBIO lovers tidak salah kedepannya. Jika tidak mengetahui cara pengucapan dari  awal maka persentase salah kedepannya sangat besar. Masih beruntung jika BBIO lovers bertemu orang yang mau mengoreksi kesalahan BBIO lovers semua. Kalau tidak ada? Hmmm saya jamin anda akan selalu salah dalam mengucapkan kata bahasa Inggris tersebut. Bagaimana cara mengetahui pengucapan sebuah kata bahasa Inggris dengan benar? Mudah sekali, gunakan aplikasi googel translate, ketikkan kata baru yang anda dapat, lalu klik icon speaker yang ada di sana. Dengarkan lalu ulangi cara pengucapannya. Cara lain adalah menggunakan kamus digital yang BBIO lovers miliki.
Terapkan kosakata baru anda dalam kehidupan sehari-hari anda juga lingkungan anda
Setelah mengetahui cara pengucapannya, terapkan kosakata baru tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Misalkan, buat status di Facebook atau BBM menggunakan kata tersebut. Sangat baik jika dalam bentuk kalimat. Setelah anda buat menjadi status BBM atau FB atau lainnya, jangan dihapus terlalu cepat. Usahakan minimal tiga hari. Pastinya BBIO lovers sering buka BBM/Line/Wa atau medsos lainnya, bukan? Jangan lupa lihat kembali status bahasa Inggris yang BBIO lovers buat.

Cara lain adalah tuliskan kosa kata yang BBIO lovers dapatkan di selembar kertas putih. Usahakan ukuran huruf sedikit besar. Lalu tempelkan di balik pintu kamar anda. Saat anda membuka atau menutup pintu kamar, pastinya anda melihat kertas tersebut. Jangan hanya dilihat, usahakan lafalkan dan ucapkan kata tersebut, minimal dalam hati hehe.
Tempelkan pada objek tertentu
Cara ini sangat baik digunakkan jika anda ingin menghafal kata benda. Memang cara ini sangat terbatas tapi apasalahnya dicoba. Misalkan, anda mendapatkan kosakata baru ‘table’ maka tuliskan dikertas kecil tapi tidak terlalu kecil, tempelkan di atas meja yang anda punya. Jadi usahakan semua objek benda di rumah anda memiliki label nama benda tersebut dalam bahasa Inggris.
Gunakan metode mnemonic
Metode ini adalah metode asosiasi kata yang mirip. Misalkan kata ‘because’. Kata ini bisa anda buat menjadi asosiasi seperti: b = big, e= elephant, c= can, a=always, u=upset, s=short, e= elephant.




Selain cara di atas, BBIO lovers bisa terapkan cara di bawah ini:

Rubah gaya permainan game anda. Jangan biasakan bermain game yang hanya menghabiskan waktu saja tanpa ada efek positif bagi anda. Banyak sekali game atau permainan yang bisa anda gunakan untuk menambah kosakata bahasa Inggris anda. Bahkan permainan ini bisa anda mainkan di smartphone anda. Mau tau game apa saja? Klik di sini: Game untuk meningkatkan kosakata

Buat catatan visual. Metode ini sangat pas dan cocok buat anda yang suka belajar dengan cara visual. Apalagi ditunjang dengan hobi atau kemapuan menulis. Wow cara ini sangat efektif. Caranya, gunakan kosakata baru anda dalam kalimat-kalimat yang baik menjadi paragraph. Buat kisah atau cerita-cerita tentang diri anda atau hari-hari anda  dalam bahasa Inggris. Zaman sekarang ini sudah canggih, anda bisa menulis dimanapun dan kapanpun. Bahkan tanpa menggunakan buku dan pena, melainkan menggunakan smartphone anda. Simpan dalam note atau catatan.

Semoga tips cara cepat menghafal kosakata bahasa Inggris di atas bermanfaat untuk BBIO lovers semua. Bisa juga baca tips lainnya jika BBIO lovers masih ada waktu. Tips  cara cepat tidur, cara cepat memiliki anak perempuan, cara cepat memiliki anak laki-laki, dan kesehatan wanita.
Efendijbi
Belajar Bahasa Inggris Online Updated at: Oktober 29, 2016