Jumat, 15 Januari 2016

Arrive In Arrive At atau Arrive On

bahasa inggris online gratis | Januari 15, 2016 | Arrive In  Arrive At atau Arrive On  adalah sebuah pertanyaan yang sering timbul di benak banyak orang. Karena kita sering mendengar orang mengatakan arrive in, arrive on dan terkadang arrive at. Sebenarnya apa arti kata 'arrive' itu sendiri? Arrive sebagai kata kerja/verb memiliki ariti 'tiba/sampai/datang. Arrive juga bisa menjadi kata keterangan 'arrived'. Peposition yang sering dipasangkan dengan arrive adalah in, at dan on. 
Kita juga  harus mengetahui kata tanya apa yang sering dipakai untuk kata 'arrive'? Tentu 'When' dan Where'. Contoh: When did you arrive? What time did you arrive? Where did you arrive? 

Arrive In

Arrive in dipakai jika setelah kata arrive in kita masukan nama kota, negara atau daerah. Sebagai contoh; arrive in Jambi, arrive in Jogja. Dengan kata lain, nama tempat yang dimasukkan setelah arrive in adalah tidak spesifik melainkan general place. Selain itu, setelah arrive in kita juga bisa memasukan nama bulan, tahun dan musim.

Contoh: When did you arrive? I arrived in June/ I arrived in Summer/I arrived  in 2015.

Arrive At

Kita masukan 'at' setelah kata 'arrive' jika setalah 'at' kita masukan nama building/gedung. Dengan kata lain tempat yang dimasukkan setelah arrive at adalah tempat yang sudah spesifik.  Contoh: arrive at home, arrive at post office, arrive at school. Selain itu setelah arrive at, kita juga bisa memasukan jam. Contoh: I arrive at 6:00 pm. What time did you arrive? I arrived at 6:00 pm.

Arrive On

Preposition on setelah kata arrive dipakai jika menggunakan nama hari atau tanggal. Contoh: When did you arrive? I arrived on Monday. / I arrived at on Tuesday, Januari 2015.  

Bagaimana? Masih bingung? Semoga tidak bingung lagi ya. 

Akan tetapi ada pengecualian bahwa terkadang arrive tidak perlu dipasangkan dengan preposition in, at ataupun on jika kasusnya seperti ini: I arrived yesterday. I am arriving next week. I arrived last week. Jika menggunakan ekpressi waktu jenis ini seperti yesterday, today, next week, last month, last Tuesda dan lain sebagainya maka kata arrive tidak perlu dipasangkan dengan in, on atau at, dengan kata lain tanpa prepositon.
Efendijbi
Belajar Bahasa Inggris Online Updated at: Januari 15, 2016