Selasa, 08 Juli 2014

Menigkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Melalui Writing

bahasa inggris online gratis | Juli 08, 2014 |

Kegiatan writing (menulis) merupakan salah satu dari empat skill (kemampuan) bahasa inggris yang perlu anda kuasai. Mengenai urutan belajar bahasa inggris yang benar, diantara keempat skill tersebut yang mana pertama kali yang harus dipelajari maka menurut para ahli bahasa listening menjadi priorotas utama. Jika listening anda sudah cukup mapan maka secara otomatis anda akan berusaha untuk berbicara (speaking), reading (membaca), kemudian barulah writing (menulis).

Mungkin anda berpikir bahwa urutan di atas tidak sesuai dengan proses belajar kita selama ini, karena pada umumnya kita belajar bahasa inggris pertama kali melalui writing atau reading. Ya, seperti yang saya alami juga Tips belajar bahasa inggris.Tapi setelah sekian lama belajar bahasa inggris saya mulai menyadari dan merasakan bahwa urutan belajar di atas memang benar juga.

Memang dengan memperbanyak kegiatan listening bahasa inggris kita akan lebih cepat berkembang. Ya, walaupun pada awalnya kegiatan listening itu memang saya rasakan paling sulit di antara 4 skill yang lain. setelah saya coba dan coba ternyata kemampuan speaking saya meningkat. Memang konsepnya sangat sederhana : banyak mendengarkan, sering menjumpai frase, kosa kata atau ekspresi-ekspresi yang sama kemudian meniru dengan menggunakannya dalam aktifitas speaking secara langsung ataupun dalam bentuk writing.

Dengan terbiasa dalam writing dan menyusun kalimat secara tepat serta beberapa uji coba yang mungkin anda lakukan semisal mempublikasikan tulisan bahasa inggris anda di internet melalui e-zine ataupun blog maka secara otomatis andapun akan lebih percaya diri dan lidahpun akan lebih lues dan gamblang berspeaking. Hal ini tidak lepas dari pengaruh kegiatan writing yang sudah biasa anda lakukan.

Writing secara tidak langsung merupakan kegiatan memorizing (menghafal) karena dalam kegiatan writing itu sendiri kita akan banyak mengulang-ulang bentuk dan kosa kata yang sama. Itu mengapa sering saya singgung bahwa writing menjadi dasar yang baik bagi speaking.
Lalu, bagaimana caranya belajar English writing yang efektif. Berikut  ini tipsnya:

1. Tingkatkan perbendaharaan kata anda (Improve your vocabulary)
Kalimat adalah untaian kata. Jika anda menguasai banyak kata, mengetahui definisinya dan bisa menggunakan dengan tepat, betapa bagusnya tulisan anda. Anda dianggap mengerti bagaimana mengungkapkan ide, mempengaruhi orang dan membuat pembaca mengerti dan memahami maksud anda.  Jika anda menemukan kata baru, cari definisinya dan temukan padanan kata (sinonim) dan lawan kata (antonym) dari kata tersebut.

2. Kembangkan kemampuan ejaan
Mengetahui banyak kata harus juga diiringi dengan ejaannya. Anda harus tau bagaimana cara mengeja kata tersebut dengan baik. Ejaan yang tidak benar bisa membuat pembaca salah mengerti. Banyak confused word yang bisa membuat anda bingung (juga pembacanya). Ada homophone seperti “bear” dan “bare”. Cara pengucapannya sama, tapi “bear” = beruang dan “bare” berarti telanjang. Kembali ke poin #1, kesalahan dalam mengeja bisa membuat pembaca salah mengerti tulisan anda. Selalu cek kembali dengan kamus jika ragu.

3. Banyak Membaca
Banyak membaca tulisan dalam bahasa Inggris juga membantu anda meningkatkan kemampuan anda. Itu membuat anda mendapat ide/contoh bagaimana menyusun kalimat yang baik serta menggunakan kata dengan tepat. Juga bagaimana mengungkapkan opini dengan baik. Pilih buku, artikel yang menarik buat anda. Sehingga anda tidak gampang bosan dan mendapat pengetahuan baru.

4. Perhatikan Tata Bahasa (Watch our grammar)
Tata bahasa adalah serangkaian tata aturan bahasa. Ini juga penting karena tanpa tata bahasa, tulisan anda jadi tidak bermakna, acak kadut dan mengesankan tidak terpelajar. Pelajari, pahami dan terapkan tata bahasa dengan benar diantaranya aturan tenses. Juga, gunakan tanda baca dengan tepat sehingga tulisan anda nyaman dibaca dan mudah dipahami.

5. Menulis
Menulis mungkin menjemukan bagi sebagian orang. Sedangkan buat sebagian yang lain, itu adalah pekerjaan yang menyenangkan karena bisa berbagi pada sesama, seperti blogger. Sebagian yang lain mengatakan menulis adalah kewajiban, seperti full time writer, ato jurnalis.  jika anda ingin meningkatkan kualitas tulisan anda, tidak ada jalan lain kecuali mulai menulis tentang apa saja baik dengan cara menulis dengan pena di atas kertas. Ato menulis dengan keyboard di depan komputer.



Efendijbi
Belajar Bahasa Inggris Online Updated at: Juli 08, 2014