Rabu, 25 April 2012

Belajar Bahasa Inggris Melalui Musik

bahasa inggris online gratis | April 25, 2012 | Hampir setiap orang suka mendengarkan musik. Berbagai jenis musik dengan variasi lagu yang sangat beragam dengan mudah bisa  kita dapatkan dan tentunya dengan harga yang sangat terjangkau. Apalagi sekarang didukung dengan berbagai fasilitas misalnya mobile phone yang bisa dimamfaatkan untuk memutar lagu dimanapun dan kapanpun kita mau. 

Dalam pengembangan kemampuan bahasa Inggris, musik mempunyai dampak positif yang sangat besar. Dengan kata lain kita bisa mengembangkan kemampuan bahasa Inggris kita dengan mendengarkan lagu. Tentunya lagu-lagu dengan lirik bahasa Inggris. Banyak sekali mamfaat musik dalam pembelajaran bahasa Inggris, salah satunya untuk mengembangkan kemampuan listening kita. 
Kemampuan listening adalah kemampuan kita dalam mendengar dan menyimak bahasa Inggris. Melalui lagu yang menggunakan lirik bahasa Inggris adalah cara belajar yang sangat menyenangkan. Berikut ini adalah langkah-langkah belajar listening dengan menggunakan musik;
1. Memilih lagu
Salah satu syarat dalam memilih lagu untuk meningkatkan listening adalah pemilihan lagu harus dengan pronunciation yang jelas. Beberapa pendapat menyarankan agar pemilihan lagu untuk pemula yang ingin belajar listening, disarankan memilih lagu yang melankolis.
2. Mendengarkan lagu
Pada kegiatan ini yang hanya dapat dilakukan adalah mendengarkan saja. Hal ini adalah untuk membiasakan telinga dengan pengucapan bahasa inggris.
3. Menyimak
Mendengar tidak sama dengan menyimak. Mendengar dalam bahasa inggris hear sedangkan menyimak adalah listen. Dalam kegiatan ini hanya perlu membawa catatan kecil. Dengarkan dengan seksama lagunya, selanjutnya catat lirik yang diucapkan.
4. Mencocokkan
Kegiatan terakhir untuk meningkatkan kemampuan listening dengan lagu adalah mencocokkan dengan lirik aslinya. Kemudian artikan lirik tersebut secara keseluruhan.
Telah disebutkan di atas bahwa belajar bahasa Inggris melalui lagu adalah untuk melatih pronunciation kita. Jadi setelah mendengarkan lirik lagu tersebut, tentu kita bisa mengetahui bagaimana cara mengucapkan setiap kata-kata dalam lagu tersebut. Setelah kita mengetahui cara mengucapkan kata-kata dalam lagu tersebut dengan benar tentunya kitapun suka untuk mennyanyikan lagu tersebut. Dari sini kitapun bisa mendapat mamfaat lain yaitu belajar speaking.
Kesimpulan yang dapat diambil adalah melalui mendengarkan lagu kita bisa belajar listening, writing, pronunciation dan speaking sekaligus. Jadi beruntunglah bagi anda yang suka mendengarkan musik dengan lirik bahasa Inggis, bagi yang belum suka bisa dicoba untuk menyukainya dan buatlah itu menjadi hobi anda yang tentunya akan memberikan mamfaat yang begitu besar dalam pengembangan kemampuan bahasa Inggris anda. Semoga artikel singkat ini bermamfaat untuk teman-teman belajar bahasa Inggris online dimanapun berada. Terima kasih.
Efendijbi
Belajar Bahasa Inggris Online Updated at: April 25, 2012